Sunday 7 October 2012

Gloomy Sunday

Hai, udah sekian abad nih gue gak buka blog. ADA YANG KANGEN GUE GAKKKK??? Kalo gak ada gue gak jadi ngepost nih :p
Gak deng bercanda, gue tetep mau ngepost. Posting gue kali ini adalah 'Gloomy Sunday'.

Gloomy Sunday. Ada yang udah pernah denger? Ada dong yaa. Gloomy Sunday ini lagu yang dibuat oleh seorang komposer yang berasal dari Hungaria, namanya Rezs Seress. Judul asli lagu ini adalah Szomoru Vasarnap, yang artinya Gloomy Sunday. Lagu ini tuh dibikin tahun 1933. Setelah sekian kali gue dengerin, gue artiin liriknya satu-satu, akhirnya gue agak nangkep maksud dari lagu ini. Lagu ini tentang keputus asaan dan kepedihan hati seseorang. Awalnya juga gue gak begitu ngerti sama lagu ini, setelah sekian lama gue ngulik-ngulik informasi tentang lagu ini akhirnya gue ngerti.

Lagu ini dibuat dari puisi Lazlo Javor yang bertema seorang penyanyi yang mati gara-gara depresi karena kematian kekasihnya dan dia bunuh diri. Setelah lagu itu dirillis Resz, Laslo Javor sang pengarang yang sebenarnya meninggal, bunuh diri. Tahun 1968 saat lagu ciptaannya itu sedang booming, Resz sang pencipta lagu meninggal karena lompat dari jendela apartmentnya.
Sebelum si Resz ini meninggal, dia pernah bilang kalau lagu yang sempat menjadi hits ini mewakilkan kepedihan hatinya karena entah mengapa dia tau kalau ia tidak akan pernah lagi membuat hits kedua.

Saat lagu ciptaannya itu sedang booming, banyak kasus bunuh diri. Apalagi pas Billie Holiday ngecover lagu Gloomy Sunday dan menjadi hits besar dan diputar terus-menerus di radio, dan kematian akibat bunuh diri pun melonjak drastis. Sampai pada akhirnya lagu ini dihentikan pemutarannya dan dibumihanguskan.

Kalo mau denger lagunya bisa [click] itu yang versi Bjork, dan ini ada liriknya

Sunday is gloomy, my hours
are slumberless
Dearest the shadows I live with
are numberless
Little white flowers will
Never awaken you
Not where the black coach
Of sorrow has taken you
Angel have no thought of ever returning you
Would they be angry if
I thought of joining you?

Gloomy Sunday

Gloomy is Sunday, with shadows
I spend it all
My heart and i
Have decide to end it all
Soon there’ll be candles
And prayer that are sad I know
Let them not weep
Let them know
That I’m glad to go
Death is no dream
For in death I’m caressing you
With the last soul of my soul
I’ll be blessing you

Gloomy Sunday

Dreaming, I was only dreaming
I wake and I find you asleep
In the deep of my heart, here
Darling, I hope that my dream
Never haunted you
My heart is telling you
How much I wanted you

Gloomy Sunday


Gimana liriknya menurut kalian? Hahaha

Regards

No comments:

Post a Comment